window.dataLayer = window.dataLayer || []; function gtag(){dataLayer.push(arguments);} gtag('js', new Date()); gtag('config', 'UA-113503146-1'); Cara meningkatkan kualitas suara tv
-->

Suka Nonton? Tingkatkan Kualitas Suara TV anda dengan Tips Mudah Berikut Ini


Teknologi membawa gambar yang makin menarik pada televisi anda. Akan tetapi, kualitas gambar yang baik akan percuma jika tidak diimbangi dengan kualitas suara yang berkualitas. Untuk anda yang merasa kurang puas dengan kualitas sound system di rumah anda, berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kualitas suara TV di rumah anda.

Penempatan speaker


Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kualitas suara TV yang bisa anda lakukan adalah dengan memperbaiki penempatan speaker yang ada di rumah anda. Sebaik apapun speaker yang anda miliki di rumah jika tidak ditempatkan pada posisi yang tepat, maka akan sulit bagi anda untuk mendapatkan sound yang maksimal. Salah satu hal yang perlu anda lakukan untuk mendapatkan suara terbaik untuk ruangan anda adalah dengan menempatkan speaker anda sesuai dengan sweet spot. Sweet spot adalah sebuah posisi dimana anda bisa mendengarkan suara terbaik dari sound system yang ada miliki. Anda bisa mempelajari terlebih dahulu bagaimana penempatan-penempatan yang tepat dari sound system anda untuk mendapatkan suara terbaik tersebut. Masalah kabel? Jangan khawatir anda bisa dengan mudah menyembunyikannya. 

Menggunakan sound bar

Untuk anda yang tidak memiliki surround sound system, anda bisa menggantikannya dengan menggunakan sound bar. Saat ini memang ada banyak TV panel yang memiliki audio yang luar biasa dan tidak seimbang dengan suara yang dihasilkannya. Untuk anda yang tidak ingin mengeluarkan banyak uang lagi untuk membeli surround sound system anda bisa menggunakan sound bar. Sound bar merupakan sebuah speaker yang memiliki bentuk horizontal. Jenis speaker ini merupakan salah satu jenis speaker yang cukup banyak diminati karena hasil suara yang dihasilkannya. Hanya dengan menggunakan sebuah speaker horizontal ini anda bisa meningkatkan kualitas suara TV flat yang anda miliki menjadi lebih baik. Hasil suara yang dimiliki oleh soundbar ini cukup memuaskan karena ia dapat membuat suara yang cukup memuaskan seperti suara dari speaker surround. 

Kelebihan yang dimiliki oleh speaker soundbar ini tidak hanya dapat menghasilkan suara setara speaker home theater, selain itu speaker sound bar juga bisa memberikan keuntungan berupa mudahnya penggunaan dari speaker ini karena ia hanya membutuhkan 1 koneksi dan juga satu sambungan kabel. Lebih mudah ditata dan lebih rapi dibandingkan dengan instalasi kabel dari surround sound.

Mengganti komponen surround sound system anda

Hal lainnya yang bisa anda lakukan untuk meningkatkan kualitas suara TV anda adalah dengan mengganti komponen surround sound system yang anda miliki. Ketika anda sudah memiliki sound system dengan kualitas surround tapi masih belum puas dengan hasil sound yang dihasilkan, maka ini adalah saatnya anda melakukan experimen dengan sound system yang anda miliki. Dengan melakukan kustomisasi pada komponen surround system yang anda miliki, maka akan lebih mudah bagi anda untuk mendapatkan suara sesuai dengan harapan anda.

Anda bisa menggunakan sound system yang sesuai dengan besar ruangan yang anda miliki. Anda bisa mengganti komponen speaker anda menjadi lebih besar, mengganti sub woofer atau bisa juga mengganti komponen amplifier yang anda gunakan untuk mendapatkan efek suara yang lebih memanjakan telinga anda. Perhatikan juga pilihan dari komponen tersebut. Jika ruangan anda besar memilih komponen dengan ukuran speaker besar akan lebih menguntungkan untuk dilakukan. 

Memperhatikan lingkungan sekitar televisi

Selain memperhatikan dan bereksperimen dengan komponen sound system yang anda miliki, salah satu cara lain yang bisa anda lakukan untuk meningkatkan kualitas suara TV anda adalah dengan memperhatikan lingkungan televisi anda. Lingkungan televisi dan juga sound system yang anda bangun wajib memiliki kualitas akustik yang baik. Kualitas akustik ini ditentukan dengan banyak sedikitnya gaung yang dihasilkan oleh sebuah ruangan. Makin banyak permukaan yang halus dan juga keras di sebuah ruangan, maka makin besar gaung yang akan dihasilkan oleh ruangan tersebut. Jika terlalu banyak gaung, maka kualitas suara yang dihasilkan oleh sound system anda juga akan terpecah. Hal inilah yang perlu anda perhatikan dan eliminasi untuk meningkatkan kualitas suara TV anda.

Comments 0